Notification

×

Iklan

Iklan

Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC), Drs. Wahyudi El Panggabean, M. H.,MT.BNSP.,C.PCT mengadakan pelatihan jurnalist Tingkat PEMRED

Kamis, 07 Maret 2024 | Maret 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-07T15:34:15Z



PEKANBARU -  ISUETERKININEWS.COM,Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC) sukses menggelar Pelatihan Jurnalistik Se-Provinsi Riau dengan mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Redaksi .”

Tampil sebagai narasumber utama trainer nasional berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sekaligus Direktur Utama (Dirut) Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC), Drs. Wahyudi El Panggabean, M. H.,MT.BNSP.,C.PCT didampingi Direktur Bidang Pendidikan Abdul Kadir, S.Pd., M.Pd., M.I.Kom.

Pelatihan jurnalistik ini berlangsung pada KAMIS 07 Maret 2024 yang bertempat di Hotel Tjokro jln.Sudirman,Pekanbaru dari jam 08.30 s/d 16.00 yang dihadiri  22 pemimpin redaksi (PEMRED).


Wahyudi di awal paparan materinya meminta wartawan agar mengenali profesinya dengan baik. 


“Ini yang menjadi kunci utama. Kadar cinta Anda pada profesi Anda berbanding lurus dengan keberanian Anda. Jika syarat cinta ini Anda miliki, selanjutnya hanyalah masalah teknis dan ihwal adimistrasi saja. Kecintaan pada profesi akan menantang Anda untuk terus berlatih dan belajar,” kata penulis buku Untukmu yang Ingin Menjadi Wartawan Sukses Itu.  


Berlatih dan belajar secara konsisten tentang ilmu jurnalis merupakan sumber keberanian. Jembatan emas menuju profesionalisme.


“Kesuksesan akan diraih bagi mereka yang menjadikan wartawan sebagai, "panggilan hati", jelasnya.


“Secara pilosofis apa sebenarnya tugas dan kewenangan seorang wartawan? Jika Anda telah mengetahui dan faham tentang fungsi Anda sebagai wartawan Anda akan mulai memperoleh keberanian. Nah ini yang pertama,” paparnya.


Kedua, jika ingin mengenali fungsi dan peran seorang Jurnalis maka wartawan akan dihadapkan pada pilihan: tertarik atau tidak.


“Jika Anda kurang berminat, tetapi Anda tetap memasuki profesi wartawan sebagai alternatif dan coba-coba, saya proyeksikan Anda akan gagal. Karena keberanian tidak tumbuh di jiwa Anda,” terangnya.


“Yang paling penting serta perlu sekali untuk di ingat kerjakanlah segala sesuatu yang anda takutkan karena dengan demikian anda akan menjadi wartawan yang tangguh dan juga berani menampilkan suatu berita yang layak sebagai konsumsi Publik, ” tegas Yudi El Panggabean.


"Inilah modal dasar bagi seorang yang ingin jadi jurnalis sejati. Memilih jadi wartawan, saat hatinya benar-benar terpanggil," kata Wahyudi.


“Satu-satunya cara agar Anda memiliki jejak digital sebagai wartawan, Anda mesti memproduk berita yang berbeda. Berita hasil investigasi dan syarat utama untuk melakukan investigasi adalah: keberanian," tegas mantan Wartawan Majalah FORUM Keadilan itu.

Selanjutnya sambung Wahyudi, cari bahan yang aktual dan menarik. Tetapkan angel. Kemudian, investigasi dari sisi paling menarik. Perdalam dan gali lebih lengkap.

“Syarat lain jadi pelengkap: religius, penampilan prima, prilaku santun dan lembut. Jangan mudah terpancing," terangnya.
(Hrp)

 

×
Berita Terbaru Update