Notification

×

Iklan

Iklan

Antusias masyarakat ikuti "Halal Bihalal" Dan Aghi Ayo onam tunjukkan kecintaan pada Yusri

Rabu, 17 April 2024 | April 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-17T14:33:12Z



Bangkinang, -- ISUETERKININEWS.COM,Drs.H. Yusri, MSi yang juga sebagai Datuok Bandaro Mudo menggelar acara halal bihalal sekaligus Aghi Ayo Onam di kediaman pada Rabu (17/4/24). 


Aghi Ayo Onam merupakan pertemuan dan silaturahmi dengan sanak saudara, para kerabat, tetangga dan masyarakat, Acara yang digelar berlangsung sukses besar. 


Antusiasme masyarakat terlihat sejak awal acara, Drs Yusri MSi Datuok Bandaro Mudo berserta Istri terlihat ceria menyambut kedatangan warga yang memadati kediaman di Jalan bukit permai, Bangkinang. 


Ribuan orang dari berbagai kalangan turut hadir pada acara Aghi Ayo Onam ini, juga tampak dihadiri Anggota DPR RI MUHAMMAD NASIR, S.H., DPR RI DR. H. Achmad, M.Si dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Agung Nugroho SH, yang juga selaku ketua DEMOKRAT PROVINSI RIAU, untuk berbagi kebahagiaan dan mempererat tali silaturahmi, mereka disambut dengan hangat oleh Yusri beserta keluarga. 


Tuan Rumah telah menyiapkan beragam hidangan lezat, mulai dari makanan berat hingga cemilan khas daerah. Para tamu diajak untuk menikmati ragam kuliner tersebut, termasuk hidangan prasmanan seperti soto, sate, dan nasi. 


Setiap hidangan disajikan dengan keramahtamahan, disambut dengan antusiasme tinggi oleh para tamu yang ingin mencicipi hidangan spesial tersebut. 


Tidak hanya itu, pengalaman kuliner semakin istimewa dengan berbagai minuman dingin dan hangat seperti sirup, teh, dan kopi panas turut disediakan untuk menemani obrolan.


Drs. H. Yusri M.Si menyampaikan bahwa, Aghi ayo onam merupakan tradisi turun-temurun yang dilaksanakan oleh sebagian masyarakat di Kabupaten Kampar. Kita diingatkan akan kematian bahwa setiap yang bernyawa pasti akan menghadap sang khaliq.


"Makna di balik perayaan aghi ayo onam sendiri terbukti dapat memperkuat tali silaturahmi antar sesama umat islam dan mengingatkan kita akan kematian," ujar Datuok Yusri. 


Yusri juga berharap, kepada generasi muda penerus dan anak kemenakan untuk menjaga dan melestarikan budaya ziarah kubur di Kabupaten Kampar.


Lebih lanjut, aghi ayo onam ini juga merupakan wisata religi, sama seperti balimau kasai dalam menyambut bulan Ramadan, tradisi ini menurutnya dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, "tutur H. Yusri. 


Pantauan NewsSpeedRiau.com, keramaian masyarakat tampak di beberapa ruas jalan di sekitaran kediaman Datuk Bandaro Mudo Yusri. Pada umumnya masyarakat berjalan kaki dan menggunakan sepeda motor menuju kediaman. 


Irwin salah satu warga setempat melihat banyaknya masyarakat yang mengikuti acara Aghi Ayo Onam di kediaman menunjukkan kecintaan mereka kepada Datuok Bandaro Mudo H. Yusri. 


“Saya lihat antusiasme masyarakat sangat besar, kecintaan masyarakat kepada beliau masih luar biasa,” kata Irwin ketika ditemui media ini usai acara tersebut. 


Menurut dia, Datuok Yusri menyambut baik antusiasme masyarakat yang hadir pada acara Aghi Ayo Onam ini. 


Reza salah satu warga setempat pun mempunyai pandangan serupa soal antusiasme masyarakat, seperti halnya yang dia rasakan ketika dapat bersilaturahmi secara langsung dengan Datuok Yusri serta keluarga. 


“Alhamdulillah bisa ketemu dengan Datuok Yusri dan beberapa tokoh masyarakat secara langsung. Ini momentum untuk saling bermaaf-maafan dan sebagai ajang silaturahmi,” ujarnya.


“Mudah-mudahan kita menjadi hamba Allah yang muttaqin dan dengan semangat ketakwaan itu kita tingkatkan produktivitas kita,” kata Reza. ()

×
Berita Terbaru Update