Notification

×

Iklan

Iklan

DPW GPM Provinsi Riau Resmi Dilantik, Abdul Khair : Pemuda Minangkabau "Parik Paga Dalam Nagari

Minggu, 10 September 2023 | September 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-10T14:04:17Z


 Pekanbaru -ISUETERKININEWS.COM, Pembina Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Provinsi Riau, Jhon Satri melantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gerakan Pemuda Minangkabau Provinsi Riau yang diketuai oleh Abdul Khair, S.Sos di Menara Bank Riau Kepri Syariah, Minggu (10/9/2023).


Dalam pelantikan tersebut, Abdul Khair menyebutkan bahwa Pemuda Minang merupakan Parit dan Pagarnya Negeri Minang. "Pemuda adalah tulang punggung sebuah negeri. Dia yang menjaga dan menjadi batas negeri dari kehancuran dan upaya pengerusakan oleh siapa pun. Pemuda Minang yang identik dengan Surau dan Silek. Pemuda Minang mesti taat dengan syariat Islam dan mampu menegakkan kebenaran, serta menjadi pembela kaumnya," jelasnya.


Lanjutnya, Gerakan Pemuda di dunia selalu menjadi pelopor perubahan dalam berbagai macam revolusi. Di Indonesia saja, pada zaman perjuangan kemerdekaan, gerakan pemuda berbagai daerah menjadi sumbu juang, begitu juga pemuda-pemuda Minang. "Kita sebut saja Mohammad Hatta, Hamka, Tan Malala, M. Yamin dan banyak lagi pemuda-pemuda Minang yang berperan besar untuk kemerdekaan Indonesia," ujar Abdul Khair


Sementara itu, sekretaris DPW GPM Provinsi Riau, Rinaldi Sutan Sati menjelaskan rencana program yang akan disusun bersama pasca pelantikan pengurus. "Penekanan program kami tentunya diawali dengan penguatan organisasi di Riau. Kemudian advokasi dan pendampingan bagi seluruh masyarakat Minang di Riau yang mengalami masalah hukum. Kemudian untuk persoalan ekonomi, insyaallah kami akan merancang pembentukan koperasi," jelasnya.


Lebih lanjut pemuda asal Kapau tersebut mengatakan bahwa banyaknya masalah yang dihadapi oleh orang Minang di perantauan, harus mampu diatasi secara bersama. "Kami tentunya juga memberikan solidaritas kepada orang orang Minang di provinsi tetangga, seperti Jambi, Sumatera Utara, Aceh, Kepulauan Riau dan lain sebagainya. Juga masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh suku lainnya. Misalnya kasus Rempang. Kami yakin, yang tentunya kami bersolidaritas mendukung perjuangan rakyat disana. Dan doa kami, semoga Allah melindungi dan meredhoi perjuangan mereka," tandasnya.

×
Berita Terbaru Update