Notification

×

Iklan

Iklan

Cintai adat dan budaya Batak Angkola Begini kata ketua pamagar kecamatan TPTM.

Sabtu, 02 Maret 2024 | Maret 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-02T14:05:42Z


Rohil ,Tanjung melawan tanah putih  - ISUETERKININEWS.COM


Tari tor tor merupakan tarian tradisional salah satu nya yang di gemari oleh suku batak Angkola, Mandailing dan juga suku batak lain nya. Masing masing suku tersebut mempuyai ciri chas tersendiri. suku batak Angkola identik di kenal dengan Tor tor yang di iringi dengan musik tradisional onang onang.dan berbagai musik lain yang di gemari oleh masyarakat batak Angkola sehingga dapat menghibur di tiap tiap untuk mengisi acara.

Setiap gerakan dan irama memiliki filosofi hidup masyarakat suku batak.tari tor tor merupakan bentuk hiburan kepada raja -raja sekaligus menyiratkan patriotisme perlawanan terhadap di jaman penjajahan dahulu kala,sehingga sampai saat masih tetap di gaungkan di stiap daerah suku batak Angkola.biasa nya tari tor tor di mainkan di berbagai acara upacara adat suku batak.seperti pesta adat, tarian seni di sekolahan, dan juga tarian persembahan di acara pemerintahan. 


Dermi aswati br siregar, selaku ketua parsadaan marga siregar di kecamatan Tanjung melawan tanah putih (TPTM) saat menghadiri acara pesta hajad khitanan di kampung melati, kelurahan melayu besar kota,kecamatan tanah putih tanjung melawan  ,menjelaskan pada awak media , "pesta ini adalah salah satu pesta keluarga kita yang tergabung di parsadaan marga siregar, (PAMAGAR) yang bernama kamal ritonga " Tutur nya. 


saya selaku ketua parsadaan marga siregar mempersiapkan anak anak untuk ikut menghadiri acara hajatan sunatan tersebut dalam rangka untuk mengisi acara acara dalam melestarikan seni budaya ala suku batak Angkola, dan sebelum nya para anak anak  sudah kita bimbing dalam mengadakan latihan"tutur nya. 


Lanjut Desmila wati menjelaskan pada momen ini kita menguji tes mental para anak anak didik agar kedepan nya dapat terbiasa dengan melatih mental tersebut. Dan juga para anak anak agar bertambah gairah dan bersemangat untuk latihan kembali, agar generasi penerus tetap berkembang di Rokan hilir ini. Dalam acara tersebut juga di hadiri Cutra Andika siregar, SH  MH, selaku ketua umum pamagar, dalam kehadiran ketua umum pamagar kamal ritonga selaku ahli bait yang.melakasakan sunatulloh tersebut merasa bangga kepada ketua umum parsadaan marga siregar ,dalam kehadiran nya turut berbangga hati dan mengucapkan ribuan dan terimakasih atas waktu nya seraya menutup pesan Whatsapp nya, "(M.ritonga.)

 

×
Berita Terbaru Update