Notification

×

Iklan

Iklan

PPTK Kominfo Diduga Tidak Transparan Dalam Pengelolaan Kerjasama Media

Kamis, 25 April 2024 | April 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-25T04:12:30Z



 ROHIL - ISUETERKININEWS.COM, M. Ritonga Kepala Biro Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dari gemuruhnews.com menilai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Kerjasama Media di Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) terkesan tidak transparan dalam pelaksanaan kegiatan kerjasama media online tahun anggaran 2024.


Pasalnya, Ritonga menilai, terkait informasi yang beredar didalam Group Whatsapp "Rilis 2024" (Group Wartawan Kominfo) sebelum lebaran Idul Fitri 1445 H/ 2024 lalu sejumlah media yang menjalin kerjasama di Kominfo telah menerima pembayaran sebesar Rp. 2.000.000, (dua juta rupiah) per media. 


" Tiga hari sebelum lebaran Idul Fitri 2024 lalu, saya sempat berkomunikasi kepada PPTK, inisial (AM) mempertanyakan terkait pencairan kerjasama media 2 juta tersebut, kenapa kami tidak ikut dibayarkan," Kata Ritonga, Rabu (24/04/2024) di Bagansiapiapi. 


Ritonga mengaku untuk pencairan media tempat dia bekerja dijanjikan oleh PPTK Kominfo pencairan bakal dibayarkan usai lebaran dengan alasan Bank dan Kantor udah libur tak bisa pinjam uang GU (Guna Uang) untuk pembayaran media. 


Waktu terus berjalan, Ritonga ikut menyampaikan kedatangan dirinya ke Ibukota Bagansiapiapi dalam rangka memenuhi undangan pernikahan anak Bupati dilanjutkan berkunjung ke Kominfo untuk mempertanyakan soal pencairan. 


"Usai ke tempat acara akad nikah anak Bupati, kami terus ke Kominfo mempertanyakan soal pencairan kerjasama media, pas kebetulan kami juga jumpa dengan PPTK nya namun soal pencairan juga tidak jelas," lanjut Ritonga. 


Bahkan Kabiro gemuruhnews.com ikut menilai bahwa AM seorang PPTK kerjasama media tidak terbuka terkait soal pencairan kerjasama media tahun anggaran 2024 dan terkesan menghindar ketika diminta tanggapan soal pencairan media saya hingga saat ini belum diterima. 


"Kami jauh jauh datang ke Ibukota, namun bukan kepastian soal pencairan yang kami dapat, malah PPTK terkesan belum transparan soal pencairan media kami, ada apa," ujar Ritonga kesal. 


Di satu sisi, Ritonga ikut memberikan apresiasi atas kepedulian Bupati Afrizal Sintong yang mana mendekati lebaran Idul Fitri 2024 lalu telah mengintruksikan kepada pihak Kominfo agar kiranya menyelesaikan persoalan kerjasama media agar kiranya rekan rekan media dapat menerima pembayaran terlebih mendekati lebaran yang dinilai banyak kebutuhan. 


"Jujur saja, secara pribadi saya apresiasi kepada Bupati Rohil yang peduli dengan peran media, namun hal itu sepertinya tidak sejalan dengan bawahannya, dan ini perlu ada perbaikan untuk kedepannya, agar media dalam memperoleh haknya dalam kerjasama dapat terakamodir dengan baik," Tuturnya. 


Diakhir pernyataannya, Ritonga menyampaikan hal ini akan di bahas dan disampaikan langsung kepada Bupati Rohil untuk bisa diambil kebijakan, bahkan Ritonga ikut meminta agar Kominfo kembali di revisi untuk kearah yang lebih baik terlebih soal kerjasama media yang selama ini dinilai masih belum terbuka dan transparan serta akuntabel. 



Tim

×
Berita Terbaru Update